Tardisi Pedang Pora, Lepas Purnawirawan

pedang pora purna tugas polres kebumen

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN – Sebanyak 20 personel Polres Kebumen mengikuti tradisi Wisuda Purna Bhakti di halaman Mapolres Kebumen, Selasa (09/01/2018) siang. Tradisi yang digelar secara turun temurun itu, untuk memberikan penghargaa kepada para personel yang telah selesai masa dinasnya (pensiun) sebagai anggota POLRI.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar, periode bulan Agustus hingga Desember 2017, ada 20 personel yang pensiun.

Para personel yang telah pensiun mengikuti upacara Pedang Pora pelepasan.

“Kegiatan upacara wisuda purna bhakti pada hakekatnya merupakan penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari institusi kepada anggota polri yang telah memasuki masa pensiun atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri masa purna tugas di kepolisian negara republik indonesia (polri),” ucap AKBP Arief Bahtiar.

Para personel yang telah purna di dampingi para isteri melewati gapura pedang sebagai prosesi akhir kedinasan.

Gapura pedang adalah susuan barisan Inspektur polisi yang menghunuskan pedang ke atas dan disilangkan.

Wisuda purna bhakti dilaksanakan setahun 2 kali, yaitu bulan januari dan juli.

“Upacara wisuda purna bhakti kali ini diikuti oleh 20 anggota yang telah pensiun dari bulan agustus sampai dengan desember 2017 dengan perincian 4 orang pamen, 3 pama dan 13 brigadir,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Kebumen mengucapkan terimaksaih kepada para personel yang telah purna tugas.
“Meskipun sudah tidak lagi menyandang status sebagai anggota polri, kami berharap jalinan silaturahmi tetap terjaga dalam ikatan keluarga besar polri. Selanjutnya kepada seluruh anggota polri dan asn yang masih aktif kiranya dapat meneladani rekan-rekan kita yang telah dapat menuntaskan darma bhaktinya sebagai anggota polri hingga mencapai batas usia pensiun serta mendapatkan hak rawatan purna tugas secara penuh,” imbuhnya.

Personel Polri memasuki masa pensiun saat usianya sudah mencapai 58 tahun. Namun ada juga yang bisa mencapai 60 tahun jika memiliki keahlian khusus serta diajukan ke kesatuan.

(humas/polres kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts