Tanggap Bencana, Polres Kebumen Gelar Latihan Turun Tebing

Tanggap Bencana, Polres Kebumen Gelar Latihan Turun Tebing

BERBAGI
latihan-turun-tebing-anggota-sabhara-polres-kebumen

TRIBRATANEWS KEBUMEN – Selain melakukan pengecekan terhadap peralatan evakuasi tanggap bencana, pelatihan evakuasi bencana juga digelar Polres Kebumen. Kali ini Polres Kebumen menggelar latihan turun tebing (rappeling) sebagai antisipasi awal jika terjadi bencana yang disebabkan cuaca yang memburuk belakangan ini.

Menurut Kapolres Kebumen AKBP Alpen, SH, SIK, MH, melalui Kasat Sabhara Polres Kebumen AKP Krida Risanto, pelatihan ini digelar, jika terjadi bencana saat melakukan evakuasi, personel semakin lincah.

kasat-sabhara-sampaikan-pengarahan

Meski demikian, menurut AKP Krida yang pernah menjabat sebagai Wadanki Sub Den C Brimob Kutoarjo, dia berharap, ini hanya latihan saja, tidak terjadi bencana di Kebumen. “Hanya bersifat latihan saja, namun jika benar terjadi kami pun siap diturunkan,” terang Krida.

Latihan yang digelar bebrapa hari lalu setelah pengecekan peralatan evakuasi tanggap bencana oleh Kapolres, AKP Krida memilih tebing curam setinggi 25 meter di tamabang batu cadas di wilayah Jemur Kebumen sebagi tempat latihan.

Sedikitnya dua Peleton Dalmas secara bergantian melakukan pendaratan dengan seutas tali, tentunya juga melalui pengawasan dari AKP Krida selaku instruktur dalam latihan tersebut.

AKP Krida menambahkan, latiahan semacam ini sudah menjadi agenda rutin Sat Sabhara Polres Kebumen. “Minimal tiga bulan sekali kita gelar latihan turun tebing (rappeling), selain untuk melatih mental, hal tersebut, agar para personel kami semakin trampil. Sehingga jika terjadi situasi terdadak, kita siap diterjunkan dalam kegiatan kemanusiaan,” imbuhnya. (humas/reskbm)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Komentar