Sebanyak 60 Satpam Ikuti Upacara HUT Satpam ke 36 di Polres Kebumen

hut-satpam-di-kebumen

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN – Dalam rangka memperingati HUT ke-36 Satuan Pengamanan (Satpam) tahun 2016, Polres Kebumen menggelar upacara di lapangan tenis indoor yang diikuti oleh 60 satpam se Kabupaten Kebumen, Jumat (30/12/2016) pagi tadi.

Dalam upacara ini Bupati Kebumen Ir. Moh Yahya  Fuad, SE bertindak sebagai inspektur upacara, Dengan melibatkan peserta upacara, Anggota Polres Kebumen, Satpam se Kabupaten Kebumen dan Satpol PP Kabupaten Kebumen.

Tampak Hadir Kapolres Kebumen Kapolres Kebumen AKBP, Alpen, SIK., SIK., M.H, Waka Polres Kebumen Kmpol Umi Mariati, SIK, para Kabag, para Kasat, Kapolsek jajaran Polres Kebumen dan Kasat POl pp Kabupaten Kebumen.

Bupati Kebumen Ir. Moh Yahya Fuad, SE dalam membacakan amanat Kapolri mengatakan, melalui tema peringatan Satpam “ Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam Indonesia dengan melalui Pelatihan dalam rangka Pelaksanaan Tugas Secara Profesional Modern dan Terpercaya (Promoter) guna Menciptakan Keamanan an Ketertiban di Lingkungan Kerjanya”, ini juga diberikan penghargaan kepada perusahaan atau instansi pengguna satpam yang telah berpartisipasi pada HUT Satpam ini.

Ia mengatakan bahwa kiprah Satpam memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri memelihara stabilitas Kamtibmas secara historis.

hut-satpam-di-polres-kebumenSebelum lahirnya kepolisian modern, pengamanan terhadap diri, keluarga maupun harta benda dilakukan tiap-tiap anggota masyarakat yang dikenal dengan pengamanan swakarsa.

Kemudian dalam implementasinya, pengamanan swakarsa dilaksanakan masyarakat dalam bentuk ronda kampung, kemudian diatur sebagai sistem kemanan lingkungan (Siskamling).

Lantas kemudian untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keamanan masyarakat, serta dalam rangka mempersatukan arah dan tujuan penyelenggaraan kegiatan pengamanan internal.

Pada lingkungan kerja masing-masing, maka berdasarkan SK Kapolri NO.POL:SKEP/126/XII/1980 tanggal 30 Desember 1980, ditetapkan pola pembinaan Satpam,hingga saat ini diperingati sebagai hari terbentuknya Satpam Indonesia.

“Dalam perjalanannya, Satpam semakin berkembang kearah kemajuan. Dari segi kuantitas, jumlah personil Satpam telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” tambahnya.

Kemudian dari aspek kualitas, berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi personil Satpam melalui pemberian pelatihan untuk melakukan tindakan kepolisian terbatas.

Kemudian dikatakan, selama kurun waktu 36 tahun berkiprah, Satpam telah mampu menampilkan kinerja yang baik, khususnya dalam membantu Polri membina Kamtibmas, menegakkan aturan hukum serta menumbuhkan kesaran dan kewaspadaan keamanan pada tempatnya bertugas. (humas /polres kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts