Sat Polair Polres Kebumen Tingkatkan Giat Rutin Bintibmas dan Patroli Laut

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN – Polres Kebumen dalam rangka menjaga kondusifitas kemaritiman dan Harkamtibmas Satuan Polisi Perairan Kepolisian Resor Kebumen, Senin (14/11/16)  Sat Pol Air Polres Kebumen melaksanakan giat rutin Bintibmas pada nelayan serta patroli laut di kecamatan Ayah, Kab Kebumen.

Sat Polair Polres Kebumen bertugas menyelenggarakan fungsi kepolisian perairan, yang meliputi patroli perairan, penegakan hukum diperairan, pembinaan masyarakat Pesisir pantai dan perairan lainnya, serta pencarian dan penyelamatan kecelakaan di perairan (SAR).

Pagi ini, pukul 09.00 WIB Anggota Sat Polair Polres Kebumen yang dipimpin Ps. Kanit Patroli BRIPKA Heru Ariyanto bersama BRIGPOL Wahyono,BRIGPOL Sumaji, dan BRIGPIL UUN RAHARJO melaksanakan giat rutin Bintibmas dan Patroli Laut yang kali ini dilaksanakan di wilayah kecamatan Ayah Kab. Kebumen. Kegiatan dimulai oleh Anggota Sat Polair tersebut dengan Giat Bintibmas pada Nelayan  di desa Karangduwur, desa Argopeni dan desa Pasir  kecamatan Ayah, Kab Kebumen.

bintibmas-sat-polair-polres-kebumenDalam Kegiatan tersebut Sat Polair Polres Kebumen menyampaikan himbauan diantaranya menghimbau kepada nelayan agar mengutamakan keselamatan dalam berlayar dengan melengkapi alat keselamatan dalam kapal saat hendak berlayar. Dan apabila mememukan tindak pidana di peraian untuk segera menghubungi Anggota Sat Polair ataupun menghubungi Bhabinkamtibmas desa setempat untuk di tindakalanjuti.

Selanjutnya Anggota Sat Polair Polres Kebumen, pada pukul 11.00 WIB melanjutkan kegiatan  patroli laut di perairan Desa Tambak mulyo, Kec suwuk Kab Kebumen,  disini Anggota Sat Polair Polres Kebumen  melakukan Pembinaan dan penyuluhan kepada pemilik warung di pinggir pantai wisata Suwuk agar pada saat malam hari supaya ada yg jaga di warung karena banyak barang barang yang ditinggal di warung, supaya  terhindar dari kejahatan pencurian, setelah dilakukan pembinaan dan pesan-pesan Kamtibmas para pemilik warung menyadari tentang pentingnya keamanan

Dalam kesempatan ini BRIPKA Heru Ariyanto memberi pembinaan dan sosialisasi hukum pada Karyawan wisata yang sedang piket di pantai suwuk guna menjaga Keamanan yang lain agar penataan parkir pengunjung wisata ditata dengan tertib dan menghindari percaloan atau munculnya Premanisme serta mengajak  untuk menjaga kondusifitas tentang kemaritiman dan Harkamtibmas masyarakat pesisir.

patroli-laut-sat-polair-polres-kebumenKasat Polair Polres Kebumen AKP S. MONTRO, mengatakan kegiatan Bintibmas pada nelayan dan patroli laut dilaksanakan oleh Sat Polair ini merupakan kegiatan Rutin yang dilaksanakan untuk menjaga kondusifitas tentang kemaritiman dan Harkamtibmas masyarakat pesisir. Pada kegiatan Bintibmas dan Patroli Laut juga dilaksanakan sosialisasi hukum baik itu tentang hukum – hukum yang ada di perairan baik undang – undang perikanan, pelayaran dan lain – lain. Yang bertujuan Membina dan mengembangkan daya tangkal masyarakat terhadap berbagai kemungkinan timbulnya gejolak situasi dan kondisi atau berbagai faktor kriminogen yang dapat mendorong munculnya gangguan kamtibmas.

Kegiatan ini disambut antusias masyarakat nelayan, dikarenakan mereka sangat butuh pembinaan – pembinaan seperti ini dari Sat Polair Polres Kebumen dan instansi terkait yang menangani masalah kelautan dan perikanan agar masyarakat bisa lebih banyak memahami undang – undang, pengetahuan pelestarian ekosistem biota laut dan syarat – syarat kelengkapan kapal sebelum berlayar serta berharap kegiatan semacam ini bisa terus dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan. ( humas polres Kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts