Sambangi Pos Ronda, Bhabinkamtibmas Mengajak Warga Berperan Aktif dalam Menjaga Sitkamtibmas

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN — Saat ini seluruh warga masyarakat diminta untuk mengaktifkan kembali Siskamling dengan menggiatkan ronda malam.

Dengan digiatkannya ronda malam, gangguan Kamtibmas di suatu daerah diharapkan dapat ditekan.

Baca Juga :

Selanjutnya peran Bhabinkamtibmas adalah menyambangi warga yang tengah melaksanakan kegiatan ronda malam, dan mengecek kesiapan warga dalam melaksanakan tugas rondanya.

Seperti yang dilakukan oleh Ka SPKT I Polsek Karanganyar Aiptu Sukarjo dan Bhabinkamtibmas Bripka Energianto ini misalnya.

Berdua menggelar patroli dan menyambangi Pos Kamling RT. 03 RW.04 Desa Pohkumbang, Kecamatan Karanganyar saat warga sedang melaksanakan ronda, Minggu (12/05) dini hari.

Pada kesempatan itu, ada empat penekanan yang disampaikan kepada masyarakat.

Yang pertama, Bhabinkamtibmas menghimbau kepada warga masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan meningkatkan kegiatan Siskamling.

Selanjutnya yang kedua, warga diminta untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita hoax atau isu sara serta pemahaman radikal yang dapat memecah belah NKRI.

Pada urutan ke tiga, Bhabinkamtibmas meminta kepada para pemuda yang gemar nongkrong agar tidak mengganggu ketertiban umum dan tidak mabuk-mabukan.

Selanjutnya penekanan yang terakhir yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas adalah jika terjadi gangguan Kamtibmas, agar segera lapor kepada POLRI terdekat untuk memudahkan dalam pemecahan masalah tersebut.

Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Suparno saat dikonfirmasi mengatakan, Bhabinkamtibmas dan Warga masyarakat adalah mitra yang tidak bisa dipisahkan.

“Jadi melalui Bhabinkamtibmas, kami berharap warga masyarakat dapat berkomunikasi jika ada permasalahan di tingkat desa. Apa yang disampaikan Bhabinkamtibmas saat melakukan sambang desa, untuk dilaksanakan demi situasi Kamtibmas yang kondusif,” tandasnya.

(Humas Polres Kebumen)

Komentar

Komentar

Berita terkait