Rutan Polres Kebumen Kembali Digeledah

Rutan Polres Kebumen Kembali Digeledah

BERBAGI
wakapolres-kebumen-cek-tahanan

TRIBRATANEWS KEBUMEN – Rumah tahanan Polres Kebumen kembali digeledah. Jika biasanya hanya dilakukan pemeriksaan ataupun penggeledahan oleh petugas jaga dan SPK yang tengah piket, kali ini Waka Polres Kebumen turun langsung menggeledah dan memeriksa langsung kondisi ruangan serta para tahanan Polres Kebumen, Rabu (14/09/2016).

Menurut Waka Polres Kebumen KOMPOL Umi Mariati, SIK yang saat itu didampingi Kabag Ops dan Kabag Sumda, “pemeriksaan ini untuk mengetahui kondisi langsung para tahanan.”

Karena, pergantian musim seperti ini tidak menutup kemungkinan membuat kondisi kesehatan para tahan menurun. Sehingga dengan mengecek langsung kondisi tahanan dengan berdialog, dirinya bisa mengetahui kondisi langsung dari para tahanan. “Jika ditemukan ada yang sakit bisa langsung mendapatkan penanganan oleh tim medis Poliklinik Polres Kebumen,” ucapnya.

wakapolres-geledah-rumah-tahananBukan hanya untuk mengetahui kondisi kesehatan para tahanan, dirinya juga dibantu oleh petugas jaga tahanan yang sedang piket, untuk menggeledah satu persatu ruang bertralis tersebut.

Dari hasil penggeledahan, waka Polres mengatakan tidak ditemukan barang atau alat yang tidak boleh masuk rumah tahanan. Karena tidak menutup kemungkinan, mereka “Tahanan” ada yang menyelipkan barang yang dilarang masuk. Sehingga dengan adanya penggeledahan ini, merupakan upaya dini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Selain itu, meski sudah terpasang sejumlah kamera CCTV di tiap tiap sudut yang mengarah ke kamar para tahanan, namun dirinya tetap menghimbau kepada petugas jaga, agar pengawasan secara langsung harus lebih sering dilakukan.

Di sela sela penggeledahan, KOMPOL Umi mengatakan kepada para tahanan agar setiap ada masalah bisa berkomunikasi langsung dengan petugas jaga saat melakukan pengecekan rutin setiap harinya.

Sehingga, dengan adanya komunikasi yang terjalin baik antara petugas dan para tahanan dapat mengurangi tingkat depresi dan membuat lebih tenang dalam menjalani proses hukum. (humas/reskbm)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Komentar