Ratusan Personel Polres Kebumen Mendadak Ditest Urine oleh Badan Narakotika Nasional (BNN)

Ratusan Personel Polres Kebumen Mendadak Ditest Urine oleh Badan Narakotika Nasional (BNN)

BERBAGI

KEBUMEN – Kapolres Kebumen AKBP Alpen, SH, SIK, MH menggandeng BNN untuk lakukan test urine narkoba kepada para Kapolsek jajaran, dan personel pengemban fungsi operasional. Sebanyak 153 personel di dalam gedung Tribrata Polres Kebumen terkejut, semula mereka dikumpulkan untuk mengikuti pengarahan dari Kapolres namun berubah menjadi pemeriksaan urine test narkoba yang diselenggarakan langsung oleh BNN Cilacap, Rabu (23/03/2016).

Kapolres Kebumen mengatakan, test ini sengaja kami lakukan tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu supaya nantinya hasilnya lebih maksimal. “Karena tidak menutup kemungkinan diantara mereka ada yang main main dengan narkoba,” kata Kapolres.

test urine anggota Polres Kebumen
test urine anggota Polres Kebumen

“Proses sidak ini pun kami selenggarakan secara sportif, dimana kami tempatkan personel Propam di pintu keluar agar diantara personel yang mengikuti test tidak bisa mengindari petugas BNN untuk mengecek sampel urin nya,” lanjut beliau.

“Bukan hanya di pintu keluar, personel Propam pun kami siagakan di pintu kamar kecil yang berada di dalam gedung agar dapat mengawasi para peserta, hal ini agar pada saat menuangkan urine ke dalam urine pot (gelas sample urin) tidak ada kecurangan,” tambah Kapolres.

personel Propam siaga di depan pintu kamar kecil
personel Propam siaga di depan pintu kamar kecil

Kapolres menerangkan, sebelum Polres Kebumen menggelar Operasi Bersinar yang merupakan program Polri dalam menanggulangi masalah narkoba, kita harus lakukan pembersihan narkoba kedalam. Jangan sampai kita melakukan operasi kepada masyarakat, tapi kitanya (Polres Kebumen) sebagai penegak hukum justru masih bermain dengan pelanggaran tersebut.

Melalui Kassubag Humas AKP Wasidi, Kapolres menegaskan, bagi personel yang dinyatakan positif dalam test tersebut pihaknya akan langsung memproses yang bersangkutan sesuai peraturan yang ada. “Kita akan periksa sejauh mana keterlibatan yang bersangkutan bermain dengan pelanggaran narkoba. Seperti kita ketahui narkoba bagi Polri merupakan pelanggaran berat, dimana bisa berujung pada pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) terhadap personel yang terlibat terlalu jauh dengan narkoba,” jelas Kassubag Humas didampingi Kasi Propam IPTU Sapto Wahono.

image

“Dari sekian personel yang diambil sample urinnya oleh BNN tadi, kita bersyukur hasilnya negatif, artinya para personel yang mengikuti test tidak ada yang mengkonsumsi narkoba. Dengan demikian Polres Kebumen kedepan siap untuk menjalankan tugas kaitanya dengan memerangi penyalah gunaan narkoba yang semakin meresahkan,” tutup AKP Wasidi.(humas/reskbm)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Komentar