Polres Kebumen Tangani Kasus Pencemaran Nama Baik Anggota DPR RI Lewat...

Polres Kebumen Tangani Kasus Pencemaran Nama Baik Anggota DPR RI Lewat FB

BERBAGI

KEBUMEN – Polres Kebumen tangani kasus pencemaran nama baik kepada seorang anggota DPR RI Sdr Darori Wonodipuro dan menetapkan Abdul Karnain sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Ditetapkannya Abdul Karnain sebagai tersangka dibenarkan oleh Kapolres Kebumen AKBP Alpen SH, SIK, MH. “Setelah gelar perkara dan penyidik memiliki alat bukti cukup, terlapor (Abdul Karnain) ditetapkan tersangka,” kata Kapolres seperti dituturkan Kasatreskrim, AKP Willy Budiyanto SH MH, Kamis (24/3/2016).
Namun demikian, Karnain belum perlu ditahan. “Dari hasil pemeriksaan, penyidik berkesimpulan tersangka telah bersikap kooperatif selama penyidikan, artinya dia berkomitmen untuk menuntaskan kasus yang dihadapinya. Untuk sementara dia tidak perlu ditahan, karena peraturan perundang-undangan memungkinkan hal itu,” imbuhnya.

Sebelumnya beberapa hari yang lalu Karnain mendatangi Mapolres Kebumen untuk menjalani pemeriksaan untuk mengklarifikasi soal komentarnya di group media sosial Facebook pemilihan Bupati kebumen (PBK) 2015-2020  namun kapasitasnya masih sebagai saksi. Adapun pasal yang dikenakan, kata AKP Willy, pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE).

Itu artinya, bila terbukti Abdul Karnain bisa terancam pidana hingga 6 tahun penjara dan denda Rp 1 Miliar.
Group facebook PBK (Pemilihan Bupati Kebumen) 2015-2020 sendiri merupakan group yang dibentuk warga Kebumen sebagai wadah diskusi menyambut momen Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kebumen 2015 beberapa bulan yang lalu. Jumlah anggotanya mencapai puluhan ribu. Selain masyarakat umum, anggotanya adalah para tim sukses, simpatisan, relawan pasangan calon peserta Pilkada Kebumen 2015.

Dalam kasus tersebut, Darori merasa tidak senang dengan komentarnya yang memojokan partai Gerindra dan dirinya di group fb yang berujung pada dilaporkanyaKarnain ke Polres Kebumen. (humas/reskbm)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Komentar