Polres Kebumen Sosialisasikan dan Serahkan E-KTA Secara Simbolis

Polres Kebumen Sosialisasikan dan Serahkan E-KTA Secara Simbolis

BERBAGI
penyerahan secara simbolis e-kta di polres kebumen

TRIBRATANEWS KEBUMEN – Polres Kebumen Polda Jateng berkerjasama BRI Cabang Kebumen menggelar Sosialisasi E – KTA (Kartu Tanda Anggota Elektronik) bertempat gedung Tri Brata Polres Kebumen, Senin (16/8/16).

Kegiatan Sosialisasi E – KTA ini diikuti oleh para kabag, kasat polres kebumen, Kapolsek jajaran Polres Kebumen, personil polres kebumen, dengan dipimpin oleh Waka Polres Kebumen Kompol Umi mariyati, SIK dengan didampingi oleh Ketua Cabang BRI Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Alpen, SH., SIK., MH dalam sambutanya mengatakan kalau E-KTA (KTA elektronik) tidak hanya sekadar kartu anggota yang terbuat dari kertas karton bertuliskan biodata singkat, ditempeli foto dan dilaminating. Tapi kartu anggota yang bisa menyimpan data pribadi atau riwayat hidup dan menjadi alat transaksi.

Lanjut AKBP Alpen, untuk sisi depannya, dilengkapi micro chip sedangkan di sisi belakangnya tetap ada garis hitam yang merupakan magnetic stripe sebagai penyimpan data perbankan si pemilik e-KTA. Fungsi e-KTA juga lebih lengkap dibanding KTA sebelumnya. Karena selain menjadi identitas anggota polri, e-KTA bisa menjadi alat transaksi perbankan layaknya kartu ATM.

penyerahan secara simbolis e-kta“e-KTA di lingkungan Polri sudah dalam digadang-gadang. Namun, baru bisa diluncurkan pada 1 Juli lalu dengan menggandeng Bank BRI sebagai mitra untuk penerbitan kartu unik tersebut. Pencetusnya, adalah IrjenPol Mustafa Hari Kuncoro, Asisten SDM dan Keuangan Polri”. Terang Kapolres Kebumen.

“e-KTA Polri, memiliki banyak manfaat. Dengan instansi, anggota bisa melihat langsung riwayat hidupnya di data yang tersimpan dalam micro chip di e-KTA. Sehingga kalau ada yang kurang dalam riwayat hidup, bisa dilengkapi sendiri dengan ijasahnya. Dengan begitu, ada keuntungan buat organisasi maupun diri sendiri. Terutama dengan karir yang bersangkutan. Selain itu, di dalamnya juga ada uang atau gajinya”. Imbuh Waka Polres Kebumen.

Dalam sambutanya Kepala Cabang BRI Kebumen Sebagai alat transaksi keuangan, e-KTA tersebut dapat digunakan pada ATM-ATM yang memiliki kerjasama dengan BRI antara lain yang memiliki logo Link, ATM Bersama, Prima dan Brizzi. Selain itu, dapat pula dipergunakan untuk membayar pada merchant-merchant BRI yang telah tersebar di seluruh tempat selama masih terdapat saldo dalam tabungan (kartu debit).

Masih kata Kepala BRI Kebumen, KTA yang pengadaannya dilakukan secara terpusat oleh BRI (sebagai bank pemenang tender) dan bekerja sama dengan SSDM Polri tersebut selain menyimpan data personil dapat juga berfungsi sebagai alat pembayaran gaji (payroll) dan transaksi keuangan.(humas/reskebumen)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Komentar