Polres Kebumen : Pemilu 2019 Jangan Sampai Ada Perpecahan

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN — Berbagai kesiapan Pemilu 2019 telah dilakukan Polres Kebumen. Seperti yang dilakukan siang tadi, dimana Polres Kebumen bersama dengan unsur terkait mengadakan rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan Pemilu 2019.

Kegiatan itu digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen dan dihadiri jajaran Kapolsek Danramil, KPU, Bawaslu, tokoh agama dan perwakila tokoh masyarakat membahas kesiapan Pemilu 2019 dan permasalahan selama Pemilu, Rabu (26/09) siang.

Dalam paparan yang disampaikan Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Cipto Rahayu, ada permasalahan yang cukup serius dihadapi bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu masalahnya yaitu berita Hoax dan Hate speech atau ujaran kebencian.

Hoax atau berita bohong ini adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.

Sedangkan Ujaran kebencian adalah tindakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan ataupun hinaan kepada individu maupun kelompok lain dalam berbagai aspek seperti ras, agama ataupun lainnya dengan tujuan yang tidak baik.

Lebih jauh, jelas Kabag Ops, potensi kampanye hitam atau Black Champaign juga berpotensi terjadi pada setiap Pemilu.

Black Champaign adalah metode rayuan yang merusak, sindiran atau rumor yang tersebar mengenai sasaran dari para kandidat atau calon kepada masyarakat agar menimbulkan persepsi yang dianggap tidak etis terutama dalam hal kebijakan publik.

Kabag Ops meminta kepada Masyarakat untuk bersikap dewasa dalam menghadapi Pemilu dekat ini.

Seperti yang dilakukan oleh Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar saat deklarasi Damai Pemilu 2019 di alun-alun Kebumen beberapa waktu lalu, masyarakat boleh beda pilihan, namun dari perbedaan itu janganlah menimbulkan perpecahan diantara kita sebagai warga negara Indonesia.

(Humas Polres Kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts