Polres Kebumen adakan Pembekalan Sebelum Bergeser ke TPS

lat pra ops mantap praja candi 2018

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN — Personel pengamanan TPS yang akan ditugaskan saat tahapan pemungutan suara saat Pilgub, diberikan pembekalan tekhnis penugasan.

Di lapangan Tenis Indoor Polres Kebumen, para personel perwakilan Polsek jajaran dan Staf Polres mendapatkan gambaran tentang tugasnya saat mengamankan jalannya pesta demokrasi, Senin (25/06) siang.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar melalui Kabag Ops Polres Kebumen pelatihan tersebut untuk mengetahui kesiapan personel di lapangan.

“Personel pengamanan TPS, mereka bertanggung jawab atas keamanan saat pemungutan suara di tiap tiap TPS. Tanggung jawabnya mulai dari pergeseran logistik pemilu, dari PPK ke PPS selanjutnya ke TPS, begitu sebaliknya,” kata Kabag Ops.

Dalam pembekalan itu, diberikan pembekalan tentang hal-hal mana yang tidak boleh dilakukan dan mana yang harus dilakukan oleh petugas pengamanan.

Sebagai contoh di lapangan tidak diperbolehkan masuk ke TPS tanpa permintaan Ketua KPPS. Dari 2.529 TPS, 46 TPS dinyatakan rawan.

“Rawan disini, artinya rawan secara geografis. Ada beberapa TPS yang harus ditempuh dengan sepeda motor bahkan jalan kaki. Itu sebanyak 45 TPS. Sedangkan satu TPS rawan lainnya, yaitu TPS yang berada di Rutan. Karena pesertanya, kan sebagian haknya di cabut (Para Narapidana/Tahanan). Kita berikan pengamanan lebih di sana,” imbuhnya.

Polres kebumen memberlakukan sistem pengamanan untuk TPS aman dengan pola, 2 personel Polri, 16 Linmas untuk 8 TPS.

Sedangkan untuk TPS rawan satu, Polres Kebumen memberlakukan, 2 personel Polri, 12 Linmas untuk 6 TPS. Yang masuk TPS rawan satu, menurut Kabag Ops adalah TPS yang letaknya susah dijangkau. TPS yang jauh dari kantor Polisi.

Lain halnya untuk TPS rawan dua (TPS di Rutan), Polres Kebumen memberlakukan pola pengamanan, 2 personel Polri dibantu 8 Linmas untuk 4 TPS.

“Untuk rawan dua ini, satu TPS di dalam Rutan. Tiga lainnya, TPS yang letaknya dekat dengan rutan,” tandasnya.

(Humas/Polres Kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts