Pembinaan dan Pelatihan Linmas di Polsek Prembun

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN — Perlindungan Masyarakat atau Linmas merupakan bagian integral dalam sistim pertahanan keamanan nasional.

Linmas juga merupakan satuan keamanan Indonesia yang dibentuk di setiap desa dan anggotanya diangkat dari masyarakat yang telah di berikan pelatihan, demikian diungkapkan Kapolsek Prembun Iptu Tejo Suwono, pada saat pembinan linmas desa di Aula Mapolsek Kamis (25/10) siang.

Kapolsek Prembun sebagai narasumber menyampaiakn bahwa tugas Linmas merupakan bagian dari fungsi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

Dengan aturan yang ada tugas dan fungsi Linmas dalam kehidupan masyarakat sehari–hari berdasarkan asas legalitas, yaitu :
• Fungsi Linmas sebagai bagian dalam penanggulangan bencana.
• Fungsi Linmas sebagai bagian dalam pengamanan Pemilu.
• Fungsi Linmas sebagai bagian dalam antisipasi terorisme.
• Fungsi Linmas dalam keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat
• Fungsi Linmas dalam kegiatan sosial masyarakat lainnya.

Lanjut Iptu Tejo, Pemilihan Umum serentak tahun 2019 adalah kegiatan akbar secara nasional termasuk mendapat sorotan dunia internasional, dan disini fungsi anggota Linmas sangat vital berkaitan erat dengan pengamanan tempat pemungutan suara.

Tujuan dari pelatihan itu, dijelaskan Iptu Tejo Suwono, dalam rangka meningkatkan kemampuan, pembekalan, pengetahuan bagi perangkat Linmas desa, serta guna mewujudkan personil Linmas yang handal dan Profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di wilayahnya.

(Humas/Prembun/Kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts