Patroli Dalam Pasar, Urungkan Niat Kejahatan

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN — Patroli yang dilakukan oleh Polri, tidak harus menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Patroli dapat dilaksanakan sesuai medan dan kebutuhannya saat itu.

Patroli bisa dilakukan dengan jalan kaki, serta melakukan dialogis dengan warga masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Bripka Saptanto personel Polsek Alian Polres Kebumen ini misalnya. Ia melakukan patroli jalan kaki di tengah hiruk pikuk Pasar Alian Desa Krakal Kecamatan Alian Kebumen, Sabtu (14/07/2018) pagi.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar melalui Kapolsek Alian AKP Mukhsin, patroli yang dilakukan oleh personelnya itu adalah kegiatan pencegahan tindak kejahatan.

“Itu adalah patroli dialogis. Lebih tepatnya patroli jalan kaki. Tujuannya untuk mengurangi niat jahat di dalam pasar. Begitu melihat personel kami di pasar, pelaku kejahatan akan mengurungkan niatnya,” jelas AKP Mukhsin.

Salah satu kejahatan yang rawan di pasar, lanjut AKP Mukhsin antara lain, peredaran uang palsu, kejahatan hipnotis, pencurian, dan lain sebagainya.

“Tugasnya, kami bagi. Untuk Bripka Saptanto khusus patroli di dalam pasar. Dua personel lainnya standby di depan pasar dekat toko emas,” jelasnya.

Selain patroli dialogis, program unggulan yang telah diterapkan oleh Polres Kebumen adalah patroli Sinergitas dengan TNI, Patroli BLP, dan Patroli Kring Serse.

“Patroli itu digelar di seluruh Polsek. Jadi bukan hanya di wilayah kami saja. Semua Polsek melaksanakan tugas itu,” tutupnya.

(Humas/Polres Kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts