Langkah Bijak Polsek Klirong Melaksanakan Sidang Diversi

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN –   Tidak seperti biasanya bagi pelaku tindak pidana seperti pencurian disidang di kantor pengadilan dan di tuntut oleh jaksa penuntut umum, serta bagi si terdakwa divonis oleh hakim dan di tempatkan di lembaga pemasyarakatan namun kali ini mengingat pelaku masih dibawah umur menjadi acuan untuk dilakukan sidang Diversi,  Jum’at (21-10-2016).

Hadir dalam sidang Murwanto ( BAPAS ), ibu Handriyah Sri Suliastini ( Dinsos Kebumen ) Giyanto dari kecamatan Klirong, Ibu Robingah  selaku Kades Podoluhur, Klirong , ibu Siti rohayah Kades Grogolbeningsari Petanahan, Mangarif Ibnu Ngusman wali terlapor, Kapolsek Klirong AKP Diyono, Kanit Reskrim Polsek Klirong Aiptu Edi Wibowo, SH dan Aiptu Jamingun Kanit Bimas.

Namun beda bagi si terlapor sendiri sebut saja Bela, 16 tahun, alamat Desa Grogolbeningsari Petanahan Kebumen, mereka cukup di sidang di Polsek Klirong Polres Kebumen Polda Jawa Tengah dengan sidang Diversi.
polsek-klirong-laksanakan-sidang-diversiDalam kejadian pencurian tersebut Dwi yulianti 17 tahun sebagai pelapor, pelajar SMAN I Klirong  dan MUHAMAD FAJAR, 17 tahun, pelajar SMKN I Alian. Barang yang diambil oleh tersangka yakni sebuah dompet warna hitam berisi kartu pelajar, kartu asuransi, kartu ATM BRI, Kartu ATM BNI, uang tunai Rp. 200.000,- dan kamera DSLR merk canon seri d 600 D warna hitam seharga Rp. 6.000.000,- yang di taruh di ruang kelas SMAN I Klirong.

Kapolsek Klirong AKP Diyono, menyambut baik pelaksanaan sidang Diversi di Mapolsek Klirong, karena disamping untuk menambah pengalaman bagi personil Polsek Klirong, dan sudah sesuai dengan azas hukum kita yang efektif, efisien biaya, semoga bermanfaat dan dapat membuat jera bagi pelaku tindak pidana, khususnya bagi anak anak / pelajar.

Hasil dalam sidang tersebut terlapor minta maaf dan tidak mengulangi lagi perbuatannya, ke dua pelapor juga bersedia memaafkan perbuatan terlapor serta bersedia mengembalikan barang barang yang telah diambil kepada pelapor, “Perkara ini telah di selesaikan secara kekeluargaan, dibuatkan Berita Acara Diversi dan surat kesepakatan bersama yang dimintakan penetapan hasil sidang Diversi ke Pengadilan Negeri Kebumen”, Tutup Kapolsek Klirong. (sek/klirong/humas/reskebumen).

Komentar

Komentar

Related posts