Kolak Manis dan Buah-buahan Warnai Bukber Ala Tahanan Polres Kebumen

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN — Kegiatan berbuka puasa bersama (Bukber) merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap muslim di Bulan Ramadhan.

Berbuka puasa bersama bukan hanya sekedar menyantap makanan saja. Namun lebih dari itu, para kerabat ataupun handai taulan bisa saling bersilaturahmi melalui momen itu.

Baca Juga :

Seperti yang dilakukan oleh Polres Kebumen ini misalnya. Di momen Bulan Ramadhan ini, Polres Kebumen menggelar Bukber dengan para tahanan Polres Kebumen, Rabu (15/05).

Meski para tahanan sedang menjalani proses hukum di balik jeruji besi, para personel Polres Kebumen mencoba menghibur para tahanan agar semakin tegar dalam menghadapi masalahnya, melalui kegiatan kekeluargaan tersebut.

Menu makanan khas Ramadhan seperti kolak manis, ayam goreng dan buah-buahan disiapkan Polres Kebumen untuk disantap bersama-sama.

Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Suparno saat dikonfirmasi mengatakan kegiatan Bukber bersama tahanan, merupakan salah satu pembinaan mental terhadap tahanan agar semakin dekat dengan agama.

“Sebelum melakukan santap berbuka puasa bersama, para tahanan mendapat siraman rohani dari perwakilan Kemenag Kabupaten Kebumen. Mereka diberikan pencerahan agar lebih tabah dalam menghadapi masalahnya serta dapat kembali ke jalan yang benar,” jelas AKP Suparno.

Lanjut AKP Suparno, kegiatan Bukber bersama tahanan Polres Kebumen adalah program kerja Sat Resnarkoba bersama dengan Sat Tahti Polres Kebumen.

Terlihat Kasat Resnarkoba AKP Mardi bersama dengan Kasat Tahti Ipda Suwarto duduk lesehan bersama dengan para tahanan mendengarkan tausiyah dari perwakilan Kemenag, KH Khamid.

Dalam tausiyahnya Khamid mengatakan agar para tahanan semakin taqwa kepada Tuhan.

Menurutnya, dengan berada di dalam Rutan, para tahanan mempunyai waktu yang luas untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan, dari pada di lingkungan umum.

“Meski berbeda di dalam rumah tahanan, justru para tahanan bisa lebih banyak lagi membaca Al Qur’an. Memperbanyak sholat sunah,” kata Khamid di sela-sela kegiatan.

Saat ini tahanan Polres Kebumen yang mendiami Rutan Polres Kebumen berjumlah 24 orang tahanan. Sedangkan 3 di antaranya adalah tahanan wanita.

(Humas Polres Kebumen)

Komentar

Komentar

Berita terkait