Kapolsek Adimulyo Menghadiri Sosialisasi Antisipasi kerawanan bencana Alam Banjir

sosialisasi-antisipasi-bencana-polsek-adimulyo

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN – Kapolsek Aimulyo AKP Khadik hadiri kegiatan sosialisasi peningkatan peranserta dan partisi pasi masyarakat dalam mengantisipasi kerawanan banjir. dilaksanakan di balai desa Tegalsari kec Adimulyo, Rabu 16/11/2016.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 wib dan dilaksanakan di balai desa Tegalsari,  dihadiri oleh sdr. Rohadi, S.ST perwakilan dari PROBOLO, BPBD Kabupaten Kebumen, PPKOP SDA yang diwakili oleh bapak Ade, Camat Adimulyo diwakili Kasi Trantib  Sumarjo, dan Kapolsek diwakili oleh Kanit Intelkam Aiptu Rustami, serta dihadiri oleh 50 orang tamu undangan.

Kapolsek Adimulyo melalui Kanit Intel Aiptu Rustami dalam sambutannya mengharapkan masyarakat yang bermukim di pinggir sungai hendaknya dapat menjaga kelestarian sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan sungai, tidak menanami pepohonan di atas tanggul, dan juga tidak menambang pasir yang dapat mengakibatkan longsornya tanggul sungai.

Senada dengan Kapolsek, Rohadi perwakilan dari PROBOLO menjelaskan bahwa dalam permasalahan banjir terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhi yaitu faktor alam dan faktor manusia.

Faktor manusia yaitu perilaku, kurang faham bahaya dan kurang informasi, sehingga dalam kegiatan tersebut disosialisasikan untuk peningkatan partisipasi warga dalam mengantisipasi kerawanan dengan menjaga tanggul sungai dari kerusakan akibat ditanami, menghindari pembuangan sampah di sungai, dan sikap sikap yang bisa menimbulkan peningkatan kerawanan banjir. Sedangkan faktor alam adalah curah hujan yang tinggi, sehingga sungai-sungai tidak mampu menampung debit air yang mengalir dari hulu ke hilir, dan dapat mengakibatkan jebolnya tanggul sungai.

Dijelaskan juga oleh Rohadi bahwa kegiatan sosialisasi merupakan program tahunan dari Balai pengelolaan air Progo Bogowonto Lukulo.
(Humas Adm/ polres kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts