Gunakan Uang Pelicin, Peserta Seleksi Penerimaan Polri Bisa Didiskualifikasi

  • Whatsapp

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN — Kabag Sumda Polres Kebumen Kompol Yuliono Haryanto mengingatkan tegas, jika ada calon yang mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri menggunakan sponsor atau uang pelicin, akan didiskualifikasi langsung.

Bahkan peserta yang kedapatan menggunakan jasa orang dalam atau oknum, bisa langsung “cut” dan tidak bisa mengikuti seleksi ke tahap berikutnya.

Baca Juga :

Menurutnya, menggunakan jasa sponsor atau uang pelicin, termasuk pelanggaran berat dalam proses rekrutmen Polri.

“Saat ini kami jamin, pendaftaran penerimaan calon anggota Polri bersih, tanpa dipungut biaya sepeserpun pun. Jangan percaya dengan iming-iming uang pelicin. Itu tidak benar. Jika calon ada yang kedapatan menggunakan jasa sponsor, langsung kami diskualifikasi,” jelas Kompol Yuliono saat acara sosialisasi pendaftaran penerimaan anggota Polri tahun anggaran 2019 di acara “car-free day” Alun-alun Kebumen, Minggu (11/03) pagi.

Meski sempat diguyur hujan, namun para warga masyarakat tetap antusias mengikuti sosialisasi yang digelar oleh Bag Sumda Polres Kebumen tersebut.

Para warga pada kesempatan itu, langsung diberikan kesempatan untuk berkonsultasi cara mengikuti seleksi penerimaan Polri.

Semakin menarik, para pengunjung “car-free day” dapat melihat langsung serba-serbi seragam anggota Polri yang diperagakan oleh para anggota Polres Kebumen.

Mulai dari pakaian dinas lapangan, pakaian dinas upacara, hingga pakaian dinas harian ditampilkan di panggung, di depan stan sosialisasi penerimaan Polri, di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

“Saat ini pendaftaran anggota Polri telah dibuka dari tanggal 5 sampai 22 Maret 2019. Para peserta bisa mendaftarkan diri secara online di website resmi di https://penerimaan.polri.go.id/. Semua mempunyai kesempatan yang sama. Website tersebut bisa dibuka, dan bagi para calon bisa mengunjungi website serta mengikuti langkah-langkah yang ditentukan,” katanya.

Bagi para calon anggota Polri, khususnya jalur AKPOL, usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan.

Sedangkan untuk jalur Bintara Polri, lulusan SMA/sederajat usia minimal 17 tahun 6 bulan dan maksimal
21 tahun. Lulusan D-III usia maksimal 24 tahun. Selanjutnya, untuk lulusan D-IV/S-I usia maksimal 25 tahun.

Untuk jalur Tamtama Polri, usia minimal 17 tahun 8 bulan dan usia maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.

Beberapa warga masyarakat terlihat ada yang mencoba mengukur tinggi badan maupun berat badan di stan tersebut.

Perlu diketahui, salah satu syarat untuk mengikuti seleksi, calon harus mempunyai tinggi badan minimal 165 Cm untuk pria dan 163 Cm untuk calon wanita.

(Humas Polres Kebumen)

Komentar

Komentar

Berita terkait