Giatkan Pelatihan APAR, Anggota Polsek Sempor Ikuti Dengan Antusias

  • Whatsapp

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN – Bertempat di halaman PT. MPS Sempor, Anggota Polsek Sempor ikuti giat pelatihan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) guna pencegahan kebakaran di ruangan atau lingkungan kerja, Sabtu (12/10/2019).

Pelatihan ini juga diikuti oleh Manager PT. MPS Sempor Ibu Maria Shinta Ningrum, SH beserta karyawan.

Baca Juga :

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kapolsek Sempor Iptu Sugito mengatakan Pelatihan APAR sendiri bertujuan untuk melatih para anggota Polsek agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar saat menanggulangi kebakaran dalam skala kecil.

“Polsek Sempor mengirim 4 anggota untuk kegiatan pelatihan Apar yang diselenggarakan oleh PT. MPS Sempor, agar nantinya bisa dan mampu menggunakan APAR dengan benar,”ujar Iptu Sugito.

Dalam penyampaian informasi yang dijelaskan oleh pelatih APAR Heru Rahman dijelaskan mengenai jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tersedia yaitu ada 2 yakni APAR isi Powder dan APAR isi Gas CO2.

Selain itu dijelaskan pula mengenai ciri kondisi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang siap pakai yaitu :
1. Posisi masih tersegel,
2. Ada Pen Pengaman, Pada label pengecekan APAR (tanggal pemeriksaan dan kondisi APAR) masih berfungsi,
3.Jarum barometer tekanan harus berada pada area hijau dengan tekanan sampai 17 bar (kecuali APAR dengan media Karbon Dioxide yang tidak memiliki barometer penunjuk tekanan isi APAR).

Selanjutnya dijelaskan pula cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tepat dan benar yaitu :
1. Buka segel dengan cara memutar pinnya
2. Tarik pin APAR
3. Ambil posisi tidak melawan arah angin. Cara mengetahui arah angin, perhatikan asapnya, jangan berdiri dengan posisi menantang asap. Posisi berdiri sekitar 1,5 m – 3 meter dari api
4. Angkat APAR, arahkan moncong selang ke arah api
5. Semprot api dengan cara menekan tuas pada alat pemadam
Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Selesai penjelasan kegiatan dilanjutkan praktek pemadaman menggunakan APAR dan Selain itu juga dilatihkan Pemadaman api secara manual menggunakan karung goni atau kain yang dicelupkan ke air.

“Jika dalam kantor tidak ada APAR atau sudah habis bisa menggunakan Pemadam api manual yaitu dengan kain atau goni yang di celupkan ke air terlebih dahulu,” ujar Heru Rahman.

( Humas Polres Kebumen )

Komentar

Komentar

Berita terkait