Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Dampak Kekerasan dalam Rumah Tangga

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN — Kekerasan dalam rumah tangga saat ini menjadi perhatian serius bagi Polres Kebumen. Bahkan sebuah studi baru-baru ini mengatakan, korban kekerasan dalam rumah tangga cenderung menjadi paranoid.

Tentunya hal ini akan berdampak sangat buruk sekali kepada anggota keluarga termasuk anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Mereka tidak akan mudah percaya terhadap sebuah hubungan. Hal ini membuat mereka tidak bisa ‘berfungsi’ normal, yang kadang mempengaruhi berbagai aspek lain dalam kehidupan mereka, misalnya dalam bidang pekerjaan atau pendidikan.

Pada kesempatan siang ini, Bhabinkamtibmas Polsek Petanahan Bripka Nur Wahyu bersama dengan Brigadir Mahrur Haryanto memberikan penyuluhan tentang dampak kekerasan dalam rumah tangga, Senin (14/01).

Penyuluhan yang digelar di Aula Desa Karanggadung Kecamatan Petanahan inipun disambut hangat oleh warga desa.

Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Suparno mengatakan, kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Petanahan adalah terobosan masing-masing Bhabinkamtibmas mengemas kegiatan di desa binannya masing-masing.

“Diharapkan dari kegiatan ini, warga akan lebih mengerti dampak terburuk dari kekerasan dalam rumah tangga, sehingga hal itu bisa dihindarkan,” kata AKP Suparno.

Selanjutnya materi yang disampaikan Brigadir Nur Wahyu, adalah tentang Undang-Undang No. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT).

Hal tersebut diharapkan menjadi payung perlindungan hukum bagi anggota dalam rumah tangga, khususnya perempuan, dari segala tindak kekerasan.

Selanjutnya warga yang telah menerima penyuluhan tersebut dapat mengetahui, jika kekerasan dalam rumah tangga bisa dilakukan proses hukum.

Para warga masyarakat diharapkan dapat mengaplikasikan materi yang disampaikan oleh Brigadir Nur Wahyu sehingga tidak muda untuk melakukan kekerasan dalam rumah tangga.

(Humas/Polres Kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts