Bhabinkamtibmas Sosialisasi Undang-undang Desa

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN — Undang-Undang Desa adalah seperangkat aturan mengenai penyelenggaran pemerintah desa dengan pertimbangan telah berkembang dalam berbagai bentuk, sehingga perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis.

Selanjutnya Undang-undang Desa diharapkan dapat menciptakan landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera di tingkat desa.

Baca Juga :

Namun nyatanya, undang-undang ini belum banyak masyarakat desa mengetahui secara keseluruhan. Mungkin karena kurangnya sosialisasi, atau akses informasi masyarakat kurang aktif dalam mencari referensi tentang undang-undang itu.

Bhabinkamtibmas Polsek Petanahan Bripka Nur Wahyu mewakili Kapolsek Petanahan menghadiri acara sosialisasi hukum yang digelar oleh pemerintah Kabupaten Kebumen di Desa Banjarwinangun Kecamatan Petanahan Kebumen, Kamis (18/07).

Pada kesempatan itu, Bhabinkamtibmas mendampingi Pemkab Kabupaten Kebumen mensosialisasikan tentang Undang-undang Desa.

Salah satu poin yang paling krusial dalam pembahasan RUU Desa, adalah terkait alokasi anggaran untuk desa. Di dalam penjelasan Pasal 72 Ayat 2 tentang Keuangan Desa, Jumlah alokasi anggaran yang langsung ke desa, ditetapkan sebesar 10 persen dari dan di luar dana transfer daerah.

“Penggunaan dana desa harus tepat. Semua sudah ada peraturannya. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan perangkat desa dan masyarakat bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan, untuk memajukan desanya,” jelas Bripka Nur Wahyu.

(Humas Polres Kebumen)

Komentar

Komentar

Berita terkait