Bhabinkamtibmas Bripka Andi Murdiyanto Jadi Narasumber Sosialisasi KDRT Di Desa Binaanya

polisi jadi narasumber

TRIBRATANEWS POLRES KEBUMEN – Pemerintah Desa Pesuningan menyelengarakan Kegiatan Penyuluhan Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) yang dilaksanakan  di Balai Desa Pesuningan, Rabu (11/1/2017).

Sebagai Narasumber Bahbinkamtibmas Desa Pesuningan Bripka Andi Murdiyanto,  SH  menyampaikan, Undang-undang No 23 tahun 2004 tentang  (KDRT ) kekerasan dalam Rumah Tangga dan perlindungan terhadap anak, Kekerasan dalam rumah tangga tidak lagi menjadi urusan suami istri yang bersangkutan atau urusan sebuah keluarga. Namun juga menjadi urusan publik, dimana diharapkan setiap kerabat keluarga dan masyarakat dapat ikut serta melakukan pencegahan dan pengawasan agar kekerasan dalam keluarga.

Sosialisasi diikuti oleh Ibu-ibu PKK, Ketua RT, RW, dan rumah tangga muda sebanyak 55 orang.

Menurut  Bripka Andi  Murdiyanto SH , penanganan korban kekerasan dalam rumah tangga khususnya kepada perempuan dan anak-anak merupakan hal yang sangat baik dengan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bagi kita semua dalam mengatasi permasalahan tersebut, termasuk aspek psikologis korban. Selain itu juga mempertimbangkan kepentingan dan kebutuhan korban. “Selama ini penyelesaian kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga hanya terpusat pada pasal-pasal KUHP, juga masih adanya pandangan masyarakat menganggap masalah KDRT adalah urusan suami istri,” jelas Andi Mudiyanto.

Bripka Andi berharap nantinya penanganan korban kekerasan dapat ditanggulangi dan membantu upaya perlindungan perempuan terutama para istri dan anak. Upaya sosialisasi juga kepada masyarakat sehingga kesetaraan dalam relasi antara laki-laki dan perempuan dapat saling dihargai dan dihormati.(Humas Prembun/polres kebumen)

Komentar

Komentar

Related posts