Alat Ini Sudah Mengungkap Puluhan Mayat Tanpa Identitas di Kebumen

Alat Ini Sudah Mengungkap Puluhan Mayat Tanpa Identitas di Kebumen

BERBAGI
alat-pendeteksi-pelaku-kejahatan
alat pendeteksi pelaku kejahatan

TRIBRATANEWS KEBUMEN – Ada satu alat menarik yang dimiliki Unit Inafis, Sat Reskrim Polres Kebumen dan selalu dibawa saat akan mendatangi suatu TKP. Alat ini dikalim merupakan salah satu alat canggih yang dimiliki Polres kebumen untuk mendeteksi sesorang melalui sidik jari, Selasa (13/08/2016).

Ya, alat tersebut bernama Mambis atau Mobile Automatic Multi Biometric Identification System dan kurang lebih sudah 3 tahun dimiliki Polres Kebumen. Dalam setiap pengungkapan mayat yang tidak disertai identitas alat ini sangat membantu sekali tim inafis dalam pengungkapan tersebut.

Menurut Kasat Reskrim AKP Willy Budiyanto SH, MH saat ditemui Tim Tribrata News, puluhan mayat berhasil diungkap identitasnya oleh alat canggih buatan Amerika itu. Meski kondisi mayat rusak parah, namun bagian jari berdasarkan pengalaman seringkali dalam kodisi utuh, sehingga hal ini sangat membantu Polres Kebumen saat mengungkap kejatan di Kota yang berselogan Beriman itu.

alat-untuk-mengungkat-pelaku-kejahatan“Kecanggihan alat ini adalah bisa mengetahui identitas seseorang dengan cepat hanya dengan menempelkan jari pada finger print. Kemudian akan muncul data identitas sesuai dengan yang tercantum minimal di e-KTP,” paparnya.

“Hanya membutuhkan waktu bebrapa menit kita bisa mengetahui identitas mayat tersebut, selanjutnya data tersebut dapat membawanya ke pelaku yang telah melakukan pembunuhan,” ucap Willy.

Tidak hanya bisa membaca identitas dari sidik jari, menurut keterangan Willy, alat ini ini juga memiliki tingkat presisi yang tinggi menggunakan tehnik iris mata. Hanya dengan meneropong kaca yang terletak dalam alat ini, dengan sendirinya akan muncul data identitas kependudukan seseorang.

Selain untuk mendeteksi mayat tanpa identitas, alat ini kerap juga untuk mengungkap jati diri seorang pelaku kejahatan yang berusaha menyembunyikan identitasnya untuk menghindar jerat hukum. Namun setelah dilakukan test menggunkan alat ini “Identitasnya tidak dapat disembunyikan, akhirnya terbongkar siapa dia sebenarnya,” ucap Willy yang memiliki moto tidak ada kejahatan yang sempurna.(humas/reskbm)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Komentar