Kesiap siagaan mengadapi bencana, Polres Kebumen Laksanakan Apel Siaga Bencana

Kesiap siagaan mengadapi bencana, Polres Kebumen Laksanakan Apel Siaga Bencana

BERBAGI

Sebagai kesiap siagaan mengadapi bencana yang mungkin timbul disebabkan tingginya curah hujan, Polres Kebumen dan berbagi pihak menggelar upacara Kesiap siagaan bencana banjir dan angin di Alun alunKebumen, Selasa (24-11-2015).

Apel siaga bencana itu dihadiri beberapa unsur satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diantaranya, Polres Kebumen, Kodim 0709/ Kebumen, sukarelawan SAR, PMI, Orari, Rapi, TKSK, Tagana, Karangtaruna, perguruan tinggi dan para adik adik pramuka penggalang dari berbagi sekolah setingkat SMA.
Bertindak sebagi Komandan Apel dalam gelar apel kesiapsiaggan tanggap bencana yaitu Pj Bupati Kebumen Drs. Arief Irwanto, M.Si. Dalam sambutanya Pj Bupati mengatakan dengan menggelar apel siaga bencana ini dapat kita ketahui sejauh mana kesiapan Kebumen dalam menghadapi bencana yang mungkin bisa timbul, karena musim penghujan seperti saat ini kebumen termasuk daerah rawan banjir dan longsor.

IMG_1630 - Copy

Setelah apel selesai Personel Dalmas Polres Kebumen dihadapan para peserta apel dan hadirin memperagakan mendirikan tenda darurat tanggap bencana yang dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Kebumen AKP Krida Risanto. Banyak diantara hadirin tercengan karena hanya membutuhkan waktu 08,15 menit tenda dengan ukuran jumbo tersebut berhasil didirikan.

Setelah menyaksikan peragaan mendirikan tenda para forkompinda mengecek peralatan pendukung tanggap bencana. Dalam kesempatan tersebut Polres Kebumen menghadirkan sarana prasaran pendukung tanggap bencana diantaranya perahu karet, perahu kayak, pelbed, gergaji mesin, tali, dan berbagai kendaraan sebagi penunjung tanggap bencana.
Disela sela pengecekan para forkompinda Kapolres Kebumen AKBP Faizal, SIK, MH mengatakan, Pihaknya telah menyiapkan tanggap bencana ini sejak dini. Diharapkan sarana dan prasara yang ada natinya mampu meringankan dan mengatasi bencana yang mungkin bisa timbul kapan saja.

Kapolres juga telah menyiapkan personelnya jauh jauh hari sebelum apel kesiap siagaan ini, diantaranya memberikan pelatihan SAR kepada para personelnya. “karena bencana alam merupakan situasi yang tidak bisa diprediksi maka dari itu latihan jauh jauh hari sangat dibutuhkan, agar nantinya dalam mengahadapi sutasi yang sesungguhnya para personel dilapangan sudah siap”, Ungkap Kapolres Kebumen.(darwin/humas/reskbm)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Komentar